3 Jenis Jaminan Asuransi Mobil TLO, All Risk, Comprehensive


Ada dua jenis asuransi mobil yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi untuk Anda pilih sebelum Anda membeli asuransi mobil. Kedua jenis asuransi itu disebut asuransi mobil TLO dan asuransi mobil All Risk. Sebelum Anda memilih jenis asuransi mana yang Anda gunakan, suidah pasti Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud oleh asuransi-asuransi tersebut.

2 Jenis Asuransi Mobil Tersebut Adalah :
Asuransi mobil TLO adalah singkatan dari Total Loss Only. Dari namanya saja, mungkin Anda sudah bisa menduga bagaimana jenis asuransi ini. Asuransi ini adalah asuransi yang memberikan pertanggungan untuk resiko mobil yang “total”, atau yang benar-benar rusak parah, dimana tingkat kerusakannya harus melebihi 75 % jika ingin mendapatkan pertanggungan asuransi. Selain kerusakan yang seperti itu, TLO juga bisa memberikan pertanggungan untuk kehilangan mobil.


Sementara itu, asuransi mobil All Risk, adalah asuransi yang bisa memberikan pertanggungan segala jenis resiko yang terjadi pada mobil Anda, walaupun tentunya asuransi tersebut memiliki ketentuan-ketentuan lagi untuk mobil yang bisa diberikan pertanggungan. Ada beberapa kondisi dimana resiko pada mobil itu tidak bisa ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Resiko itu meliputi: rusak akibat kecelakaan karena melanggar peraturan lalu lintas, rusak akibat bencana alam, rusak akibat segala jenis kerusuhan, dan lainnya. Namun, jangan Anda khawatir karena resiko-resiko tersebut masih bisa mendapatkan pertanggungan dari perusahaan asuransi jika Anda menggunakan perluasan jaminan asuransi.

Yang dimaksud dengan perluasan jaminan asuransi adalah perluasan jaminan-jaminan pokok dari asuransi yang Anda beli itu. Asuransi untuk mobil pada umumnya tidak menyediakan penjaminan untuk huru-hara, tapi Anda bisa mendapatkannya dengan menggunakan perluasan jaminan. Nah, jika asuransi mobil yang Anda gunakan adalah asuransi All Risk lalu ditambah lagi dengan perluasan jaminan, asuransi tersebut menjadi asuransi Comprehensive. Dengan kata lain, asuransi Comprehensive yaitu penggabungan jaminan asuransi All Risk dengan jaminan perluasan. Karena kelengkapan jaminannya dibanding dua asuransi lain (TLO dan All Risk), tidak heran jika asuransi ini memiliki rate harga premi yang lebih tinggi dibanding yang lain. Asuransi mobil TLO sendiri merupakan jenis asuransi dengan harga yang paling murah, dan All Risk berada di antara keduanya.

Meskipun demikian, bukan berarti jenis asuransi mobil yang satu lebih unggul dibanding asuransi yang lain karena kesemua jenis asuransi mobil dan jaminan yang dimilikinya itu mempunyai keunggulannya masing-masing. Lagipula, yang terpenting di sini adalah: Anda memiliki perlindungan untuk mobil Anda. Dibanding jika tidak menggunakan asuransi sama sekali sehingga Anda tidak mempunyai perlindungan apa pun untuk mengantisipasi kerugian yang mungkin terjadi.

Mobil merupakan salah satu aset berharga Anda, Anda pasti setuju dengan pernyataan ini karena harga mobil sendiri yang tidak bisa dibilang murah dan bisa menyebabkan kerugian jika terjadi suatu resiko padanya.
Back To Top