Pilih Asuransi Mobil, Ini Hal Wajib Anda Perhatikan


Tingginya angka kecelakaan di Indonesia, menyebabkan para pengguna mobil mencari perlindungan lebih untuk kendaraan. Salah satu cara untuk perlindungan ketika mengendarai mobil adalah dengan memiliki asuransi kendaraan. 

Mengingat keselamatan berkendara merupakan hal krusial, penting untuk melindungi diri, mobil dan finansial Anda dengan asuransi mobil. Faktanya, asuransi mampu memberikan jaminan riil yang melindungi mobil dan pengendara dari berbagai risiko di perjalanan.

Namun, untuk memilih perusahaan asuransi Anda juga perlu pengetahuan agar tidak merasa dirugikan. Berikut tujuh tips memilih asuransi mobil yang tepat:

1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Sebelum memilih produk atau jenis asuransi mobil ada baiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Pada umumnya asuransi mobil memiliki dua jenis seperti asuransi all risk atau asuransi total loss only (TLO).

Asuransi all risk memberikan jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas kehilangan/kerusakan sebagian maupun keseluruhan pada kendaraan yang secara langsung disebabkan tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir atau kecelakaan lalu lintas lainnya.

Sedangkan asuransi TLO memberikan jaminan ganti rugi atas kehilangan/kerusakan total pada kendaraan yang secara langsung disebabkan oleh mobil kebakaran dan mobil mengalami kecelakaan seperti tabrakan, benturan atau kecelakaan lalu lintas lainnya (usia kendaraan maksimal 15 tahun).

2. Perusahaan yang terpercaya


Agar calon pelanggan merasa aman terhadap perusahaan asuransi yang dipilih, ada baiknya perusahaan tersebut sudah diakui oleh lembaga resmi. Lembaga yang mengontrol dan mengawasi industri jasa keuangan di Indonesia adalah OJK (Otoritas Jasa Keungan).

3. Kejelasan dari isi polis

Polis yang baik adalah yang menjelaskan secara terperinci hal-hal apa saja yang dicover, tidak dicover hingga menjadi perluasan. Tidak hanya dijelaskan dalam polis, tapi pelanggan juga harus mendapatkan informasi secara jelas dari perusahaan asuransi yang dipilih. 

4. Proses klaim yang mudah

Saat pelanggan mengajukan klaim pastikan perusahaan asuransi yang dipilih memberikan banyak kemudahan. Salah satu kemudahan yang dapat dirasakan pelanggan di era zaman now jika sudah terintegrasi dengan teknologi. 

5. Jaringan bengkel yang tersebar

Pastikan perusahaan asuransi yang Anda pilih memiliki jaringan bengkel yang luas serta berkualitas. Jaringan bengkel rekanan yang luas akan memberi Anda kemudahan untuk menentukan bengkel mobil terbaik untuk memperbaiki mobil Anda. 

6. Layanan konsumen 24 jam

Pastikan asuransi yang dipilih menyediakan layanan konsumen 24 jam. Kapanpun mengalami musibah, seperti kecelakaan, layanan konsumen akan siap membantu. Pastikan juga fasilitas yang diberikan sesuai dengan kebutuhan.

7. Jangan tergiur dengan harga premi murah

Saat ini, OJK telah melakukan standarisasi harga premi terhadap perusahaan asuransi yang terdaftar. Jadi, jangan tergiur dengan harga premi yang murah. Teliti dulu apakah dengan harga premi yang murah akan berpengaruh saat pengajuan klaim. Jangan sampai hal ini akan berpengaruh buruk untuk keuangan Anda.
Back To Top